8 Hal yang Dapat dilakukan di sekitar Candi Borobudur

8 Hal yang Dapat dilakukan di sekitar Candi Borobudur

8 Hal yang Dapat dilakukan di sekitar Candi Borobudur

8 Hal yang Dapat dilakukan di sekitar Candi Borobudur yang menarik untuk diketahi oleh anda, sebelum anda merencanakan liburan di Yogyakarta dan membuat jadwal perjalanan wisata ke Candi Borobudur. Tidak hanya candi Borobudur yang mempunyai daya tarik wisatawan, ada berbagai tempat yang menarik lainnya yang dapat anda kunjungi apabila anda bermalam untuk beberapa hari disekitar candi Borobudur. Untuk itu kami akan membahas di artikel ini yang berjudul 8 Hal yang Dapat dilakukan di sekitar Candi Borobudur , anda dapat menyimak di artikel ini yang penting untuk anda ketahui supaya perjalanan liburan anda nanti dapat berjalan dengan baik dan menyenangkan sesuai harapan anda.
Candi Borobudur merupakan warisan dari nenek moyang kita yang wajib kita pelihara dengan baik. Candi yang dibangun oleh dinasti Syailendra pada pertengahan abad 8 ini merupakan tempat suci agama budha di seluruh dunia yang menjadi aset yang tidak ternilai harganya buat bangsa Indonesia. Oleh sebab itu UNESCO memberikan penghargaan khusus untuk Candi Borobudur sebagai salah satu warisan Dunia atau Most Heritage Site in World disamping juga untuk Candi Prambanan di Yogyakarta. Banyak wisatawan yang kagum dengan melihat Candi Borobudur dan mereka ingin sekali mengetahui tentang kebudayaan masyarakat lokal dan gaya hidup penduduk setempat yang unik untuk diketahui.

Ini Perlu anda ketahui tentang 5 alasan wisatawan datang ke Candi Borobudur ?

• Candi Terbesar di Dunia dan Candi tempat ibadah umat Budha dengan 10 tingkatan candi dengan luas 123 x 123 m2
• Candi yang memiliki banyak batung arca sebanyak 504 arca budha dan Stupa yang berjumlah 27 buah termasuk stupa utama di puncak Candi Borobudur.
• Salah satu candi yang mempunyai paling banyak relief candi. Candi Borobudur memiliki 1460 relief yang melingkari candi setiap tingkatnya.
• Bangunan candi yang berbentunk seperti Gunung dengan terbuat dari batuan andesit yang dibuat berbagi macam model.
• Candi yang masuk menjadi salah satu Warisan Dunia dari UNESCO.

Artikel terkait : Tempat wisata di Yogyakarta Terpopuler pada Saat ini

Setelah kita mengetahui alasan wisatawan mengetahui tentang kelebihan yang dimiliki di candi Borobudur. Tidak hanya itu saja, kita juga akan mengulas tentang tempat wisata dan aktifitas outdoor di sekitar candi Borobudur yang bisa anda kunjungi. Berikut ini adalah 8 Hal yang Dapat dilakukan di sekitar Candi Borobudur yang penting dapat anda ketahui, diantaranya :

1. Menikmati Keindahan Matahari Terbit di Punthuk Sutumbu

8 Hal yang Dapat dilakukan di sekitar Candi Borobudur yang pertama adalah menikmati keindahan matahari terbit di Punthuk Sutumbu. Pada saat menjelang fajar sekitar pukul 4-5 pagi banyak wisatawan dari manca negara dan wisatawan domestik datang ke Punthuk Situmbu untuk melihat matatahari terbit.

Spot wisata ini dibuat untuk memenuhi keinginan wisatawan yang ingin melihat matahari terbit di Borobudur dengan harga murah dan terjangkau di kantong khususnya backpacker. Karena selama ini wisatawan harus mengoceh kantong sebesar Rp.250.000 per orang untuk melihat matahari terbit di Candi Borobudur melalui Hotel Manohara. Sementara dengan melihat sunrise dari bukit Situmbu hanya membayar Rp.15.000 untuk domestik dan Rp.30.000 untuk tourist asing.

Bukit Situmbu berada sekitar 4 KM dari arah barat candi borobudur dan anda diharuskan mendaki ke bukit atau Punthuk Sutumbu kurang lebih 10 menit naik keatas bukit. Setibanya di atas bukit anda akan menikmati keindahan alam yang sangat menakjubkan disaat matahari terbit dari arah timur dengan hamparan gunung merapi dan candi borobudur yang disinari warna kuning emas matahari dengan paduan kabut tepis di atas langit. Seakan kita berada di surga atau di nirwana lapis tujuh.

Setelah puas melihat keindahan matahari terbit di candi Borobudur dan merasakan pendakian ke bukit Punthuk Sutumbu sambil menikmati keindahan alam pegunungan yang sejuk, anda dapat memesan kopi sambil memesan pisang goreng. Perjalanan wisata yang mengasyikan dan pengalaman yang tak terlupakan selama di Borobudur dengan harmoni alam pedesaan yang tentram.

Travel Tip : Akses menuju ke Bukit Sutumbu, anda dapat memesan ojek sebesar Rp.30.000 apabila anda menginap Hotel di Borobudur. Apabila anda menginap hotel di Yogyakarta, anda diharuskan berangkat dari hotel pukul 04:00 pagi dengan menggunakan jasa Rental Mobil dengan supir di Yogyakarta ke Candi Borobudur. Perjalanan memakan waktu sekitar 1 Jam menuju Punthuk Sutumbu, Borobudur.

8 Hal yang Dapat dilakukan di sekitar Candi Borobudur - Sunrise di Punthuk Setumbu

8 Hal yang Dapat dilakukan di sekitar Candi Borobudur – Sunrise di Punthuk Setumbu


Lokasi Punthuk Sutumbu :

Bukit Punthuk Situmbu

Alamat: Dusun Kuraha, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Tiket Masuk : Domestik Rp.15.000 | Tourist Asing Rp.30.000

2. Candirejo Village Tour dengan menggunakan Andong

8 Hal yang Dapat dilakukan di sekitar Candi Borobudur yang kedua adalah berkeliling ke daerah Candirejo yang merupakan pedesaan di sekitar Candi Borobudur dengan menggunakan andong yang ditarik oleh kuda. Di sekitar candi Borobudur masih terdapat pedesaan yang masih mempertahankan budaya dan aktifitas tradisional yang masih dapat kita lihat setiap hari. Seperti masih ada membajak sawah dengan sapi, orang mengambir air lira kelapa, memanen padi, transportasi tradisional ,dan pasar tradisional masih terpelihara dengan baik.
Inilah daya tarik dari Candirejo Village tour, disini kita bisa melihat suasana alam pedesaan sambil menaiki andong berkeliling desa melihat dari dekat gaya hidup masyarakat lokal yang masih sederhana.

Village tour dengan mengunjungi tempat pemprosesan gula kelapa dan tempat pembuatan batik serta ke tempat wisata seperti di Candi Pawon dan Candi Mendut di sekitar candi Borobudur.

8 Hal yang Dapat dilakukan di sekitar Candi Borobudur - village tour di candirejo

8 Hal yang Dapat dilakukan di sekitar Candi Borobudur – village tour di candirejo

Village Tour di Candirejo

Alamat: Dusun Candisari, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Tiket Masuk : Gratis

Naik Andong : Rp.250.000

3. Keunikan Gereja Ayam di Borobudur

8 Hal yang Dapat dilakukan di sekitar Candi Borobudur yang ketiga adalah melihat Keunikan Gereja Ayam di Borobudur. Gereja yang berbentuk seperti kepala ayam ini terletak sekitar 5 KM dari Candi Borobudur atau sekitar 15 menit dengan mengendarai mobil dan tepatnya di terletak di Dusun Gombong, Desa Kembang Limus , Borobudur, Kabupaten Magelang.

Beberapa tahun yang lalu Gerja Ayam ini sudah tidak digunakan lagi sebagai fungsi gereja, kosong dan tidak terpelihara dengan baik. Namun setelah digunakan sebagai tempat shooting Fillm AADC “Ada Apa Dengan Cinta” mendadak tempat ini banyak dikunjungi sebagai tempat berfoto dan selfie oleh pengunjung setiap datang ketempat ini.

Gereja ayam ini dekat dengan tempat wisata bukit Punthuk Situmbu. Jadi sebaiknya untuk membuat program tour, anda sebaiknya mengunjungi Gereja ayam ini setelah selesai dari Bukit Punthuk Sutumbu dan kemudian menuju ke Candi Borobudur.

8 Hal yang Dapat dilakukan di sekitar Candi Borobudur - Gereja Ayam di Bukit Rhema

8 Hal yang Dapat dilakukan di sekitar Candi Borobudur – Gereja Ayam di Bukit Rhema


Lokasi Gereja Ayam :

Bukit Rhema – Gereja Ayam

Alamat: Dusun Gombong, Desa Kembang Limus , Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

Tiket Masuk : Domestik Rp.5.000 | Tourist Asing Rp.10.000

4. Melihat Relief di dalam Candi Pawon

8 Hal yang Dapat dilakukan di sekitar Candi Borobudur yang ke-empat adalah melihat relief di dalam Candi Pawon. Candi pawon merupakan candi agama Budha dengan gaya arsitektur yang dipengaruhi budaya Hindu Jawa Kuno. Candi Pawon terletak sekitar 1,5 km dari Candi Borobudur dan 1 KM dari Candi Mendut.

Candi “Pawon” dalam bahasa Jawa berari Dapur dan Keunikan relief Candi Mendut terdapat bentuk pohon kalpataru dan pundi-pundi yang diapit oleh Kinari . Knari adalah mahluk berbentuk seperti burung atau ungas dengan kepala manusia. Relief ini sangatlah unik yang pernah saya temui.

8 Hal yang Dapat dilakukan di sekitar Candi Borobudur - candi-pawon

8 Hal yang Dapat dilakukan di sekitar Candi Borobudur – candi-pawon


Lokasi Candi Pawon:

Candi Pawon

Lokasi: Desa Brojonalan, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Tiket Masuk : Domestik Rp.5.000 | Tourist Asing Rp.10.000

5. Wisata Arung Jeram di Sungai Elo

8 Hal yang Dapat dilakukan di sekitar Candi Borobudur yang kelima adalah wisata arung jeram di Sungai Elo, Magelang. Wisata arung jeram adalah sesuatu kegiatan outdoor yang dapat memicu hormon adrenaline kita meningkat, anda dapat mencoba sensasi arung jeram ini bersama temen-temen terdekat. Saya yakin akan tambah seru liburan anda.

Jarak tempuh menyusuri sungai sekitar 10 KM di Sungai Elo. Sungai elo adalah tempat yang aman dikerenakan hulu mata air sungai berasal dari Gunung Telomoyo, Sungai Merbabu dan Gunung Ungaran yang bebas dari material vulkanis dan debet air selalu stabil untuk dilalui untuk Arung Jeram.

Kapasitas arung jeram sekitar 6 orang dalam 1 perahu dan dipandu oleh guide yang berpengalaman. Biaya Arum jeram Rp.750.000 sudah termasuk transportasi.
Untuk Video tentang Arung Jeram di Sungai Elo, Silahkan lihat ini:

Arung Jeram di Sungai Elo

Lokasi: Candi Mendut, Mungkit, Magelang

Tiket Rafting : Rp.750.000/perahu

6. Mempelajari Sejarah Candi Mendut

8 Hal yang Dapat dilakukan di sekitar Candi Borobudur yang ke-enam adalah mempelajari Sejarah Candi Mendut. Candi Mendut merupakan candi agama budha yang dibangun pada pertengahan abad 8 Masehi pada masa kejayaan dinasti Syailendra yang terletak sekita 2 KM dari Candi Borobudur. Candi ini lebih dulu dibangun sebelum pendirian Candi Borobudur.

Setiap perayaan Hari Raya Waisak, candi mendut sebagai pusat perayaan waisak diawali di tempat ini. Candi Mendut juga sebagai tempat untuk menyemanyamkan api berkah dan air berkah sebelum perayaan acara Waisak.

Candi Mendut dibangun dengan batuan andesit dan batubatu dengan ketinggian candi sekita 26,4 meter dan ditambah ketinggian batur candi sekitar 2 meter. Setelah kita menaiki anak tangga kita bisa melihat relief candi yang mengitari candi tersebut sebanyak 31 buah dengan mengisahkan cerita pancatatra dan jataka tentang kehidupan sang Budha. Didalam candi Mendut juga terdapat 3 buah arca, diantaranya :
1. Budha Sakyamuni, posisi sedang berkotbah dan terletak ditengah
2. Bodhisattva Avalokiteswara, posisi sedang duduk bersila dan di kanan
3. Maitreya, posisi sedang duduk dengan tangan tertutup yang berada di kiri
Demikian yang dapat kita pelajari dari kunjungan wisata budaya dan sejarah di Candi Mendut.

8 Hal yang Dapat dilakukan di sekitar Candi Borobudur - Candi Mendut

8 Hal yang Dapat dilakukan di sekitar Candi Borobudur – Candi Mendut


Lokasi Candi Mendut:

Candi Mendut

Lokasi : Jl. Mayor Kusen, Ngrajek, Mungkid, Magelang

Tiket Masuk : Domestik Rp.5.000 | Tourist Asing Rp.10.000

7. Mengunjungi Keunikan Museum OHD (Oei Hang Djien ) di Magelang.

8 Hal yang Dapat dilakukan di sekitar Candi Borobudur yang ketujuh adalah mengunjungi Keunikan Museum OHD. Museum OHD adalah nama yang diambil dari nama singkatan dari pemilik museum ini yang bernama Oei Hang Djien beralamat di Jalan Diponegoro 74 Magelang. Atau sekitar 30 KM arah utara dari Candi Borobudur atau sekitar 45 menit perjalanan dengan menggunakan jasa rental mobil.

Museum mempunyai arsitektur bangunan yang minimalis yang modern style ini, memiliki koleksi lukisan dari maestro pelukis Indonesia seperti Affandi, Basuki Abdullah, Sudjono dan Widayat yang bisa anda lihat di museum ini. Disamping itu banyak dipasang karya seni keramik dan barang seni kelas dunia yang dipajang di setiap sisi ruangan museum ini.

8 Hal yang Dapat dilakukan di sekitar Candi Borobudur - Museum OHD

8 Hal yang Dapat dilakukan di sekitar Candi Borobudur – Museum OHD


Lokasi Museum OHD:

Museum OHD di Magelang

Lokasi : Jalan Diponegoro 74 Magelang

Tiket Masuk: Umum Rp.50.000 | Mahasiswa Rp.25.000

8. Bermain Golf di Borobudur International Golf & Country Club

8 Hal yang Dapat dilakukan di sekitar Candi Borobudur yang kedelapan adalah bermain Golf di Borobudur International Golf & Country Club. Borobudur golf berada di kota Magelang dengan mempunyai 18 lubang dengan lingkungan tatanan tanaman tropis yang sangat indah.

Kelebihan Borobudur golf mempunyai landscape gunung merapi dan lereng gunung tidar. Ditengah lapangan golf terdapat danau besar yang menjadi tantangan tersendiri dengan faktor kesulitan yang perlu diperhitungkan meskipun untuk golfer international sekalipun.

Borobudur golf juga memiliki fasilitas yang lengkap dengan drive range yang bagus, restaurant dengan masakan yang lezat dan tempat sauna yang bagus. Untuk Green fee masih terbilang murah di bandingkan di tempat lain. Green fee untuk umum Rp.600.000

8 Hal yang Dapat dilakukan di sekitar Candi Borobudur - Borobudur Golf Country Club

8 Hal yang Dapat dilakukan di sekitar Candi Borobudur – Borobudur Golf Country Club


Lokasi Borobudur Golf & Country Club:

Borobudur Golf & Country Club

Lokasi : Jl. Gatot Soebroto, Kemirirejo, Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah

Green Fee : Rp.600.000

Rekomendasi Hotel Berbintang di Sekitar Candi Borobudur

Berikut ini 3 hotel yang dapat anda pilih sesuai budget anda :

1. Amanjiwo Hotel

2. Hotel Plataran

3. Hotel Manohara

TIP TRAVEL : Transportasi Wisata atau Sewa Mobil ke Candi Borobudur

Kami merekomendasikan untuk traveller dapat memesan sewa mobil di yogyakarta sebagai transportasi wisata ke Candi Borobudur . Sebaiknya anda dapat rental mobil dengan sopir di yogyakarta apabila anda berangkat dari Airport Yogyakarta atau hotel di Yogyakarta.

Untuk akses menuju ke Candi Borobudur ada bisa melalui :
Airport Semarang , waktu tempuh perjalanan sekitar 3 Jam
Airport Yogyakarta, waktu tempuh perjalanan sekitar 2 jam
Hotel di Yogyakarta, waktu tempuh perjalanan sekitar 1,5 jam

Baca : Adisucipto International Airport Jogja

Estimasi Harga Rental Mobil ke Tempat wisata di Borobudur

Untuk pemakaian rental mobil ke 8 Hal yang Dapat dilakukan di sekitar Candi Borobudur tergantung dengan jenis mobil yang akan anda sewa. Berikut daftar harga Rental Mobil untuk pemakaian dalam durasi 12 Jam. Harga tersebut sudah termasuk Sewa Mobil dengan Sopir dan Bensin.

Jenis Mobil Penjemputan dari Yogyakarta Penjemputan dari Semarang
Toyota New Avanza Rp.600.000 Rp.800.000
Toyota New Innova Rp.700.000 Rp.900.000
Isuzu New Elf Rp.900.000 Rp.1.200.000
Toyota Hiace Commuter Rp.1.500.000 Rp.2.000.000

Demikian artikel dengan judul 8 Hal yang Dapat dilakukan di sekitar Candi Borobudur, semoga artikel ini bermanfaat bagi traveller yang akan melakukan perjalanan liburan di yogyakarta dan ingin berlibur di Candi Borobudur.

Baca artikel terkait: 5 Jenis Minibus Terlaris untuk Rental Mobil di Yogyakarta

About the Author

By solorent / Administrator, bbp_keymaster

Follow solorent
on Mar 02, 2017