Gumuk Pasir Parangkusumo

Pantai Parangkusumo, Bantul, Yogyakarta
(Average 0 of 0 Ratings)
  • place-img
  • place-img
place-imgplace-img

Tempat wisata di Gumuk Pasir Parangkusumo dengan Rental Mobil Gumuk Pasir Parangkusumo adalah padang pasir yang tersembunyi di kota Yogyakarta. Pernah dong denger-denger mengenai tempat objek wisata yang satu ini? Nah ternyata lokasi yang digunakan Agnes Mo itu tidak jauh-jauh sampai ke negeri timur tengah sana, melainkan bisa di temukan di negara kita tercinta Indonesia. […]

Hotels to Stay

Popular Destinations

Tempat wisata di Gumuk Pasir Parangkusumo dengan Rental Mobil

Gumuk Pasir Parangkusumo adalah padang pasir yang tersembunyi di kota Yogyakarta. Pernah dong denger-denger mengenai tempat objek wisata yang satu ini? Nah ternyata lokasi yang digunakan Agnes Mo itu tidak jauh-jauh sampai ke negeri timur tengah sana, melainkan bisa di temukan di negara kita tercinta Indonesia. Tepatnya ada di kota kraton Yogyakarta.

Gumuk Pasir Parangkusumo terbentang di muara sungai, yaitu dari sungai Opak sampai ke Pantai Parangtritis. Bisa dikatakan, tempatnya cukup luas. Sehingga sepanjang mata memandang yang terlihat hanyalah sebuah gurun pasir. Mungkin banyak dari kita sering bertanya, bagaimana padang pasir bisa nyasar di kota Yogyakarta? ceritanya padang pasir ini terbentuk akibat semburan debu vulkanik dari gunung-gunung berapi yang berada di area sekitarnya. Di mulai dari Gunung Kali Opak, kemudian adanya Gunung Merbabu, Kali Progo sampai pada Pantai Parangtritis. Debu-debu yang di keluarkan oleh gunung-gunung berapi ini kemudian terbawa oleh aliran sungai-sungai kemudian berendap lalu tertiup oleh hembusan angin. Proses ini terjadi berulang-ulang secara terus-menerus selama beberapa dekade sehingga membentuklah gundukan padang pasir.

Baca : 10 Tempat Wisata di Malioboro dan Spot Menarik Tengah Kota Jogja

Gumuk Pasir Parangkusumo sudah terbentuk sejak ribuan tahun yang lalu, ketika terjadinya letusan-letusan gunung berapi. Sangking istimewanya fenomena alam di kota Jogja ini. Telah menjadikan Gumuk Pasir Parangkusumo masuk ke dalam daftar fenomena alam satu-satunya yang paling unik yang ada di Asia Tenggara. Bahkan menurut beberapa kabar, fenomena alam ini akan menjadi bagian dari list Unesco World Heritage.

Hal-Hal Yang Dapat Dilakukan di Gumuk Pasir Parangkusumo

Hal-hal apa saja yang dapat dilakukan di Gumuk Pasir Parangkusumo ini? Sebenarnya banyak aktivitas yang dapat dikerjakan, contohnya saja bagi Anda yang sedang bingung memikirkan lokasi pra wedding, maka tempat ini sangat cocok. Terutama jika pemotretan untuk pra wedding Anda dilakukan di sore hari. Saat itu, warna pasir akan terlihat sedikit keemasan dengan cahaya matahari yang akan terbenam. Pemandangan di kala menjelang matahari terbenam akan terlihat sempurna serta sangat romantis untuk Anda.

Namun pastikan, di saat Anda hendak melakukan pemotretan, lakukanlah ketika cuaca tidak mendung. Karena itu akan merusak hasil foto yang Anda inginkan. Nah selain untuk dijadikan sebagai lokasi pemotretan, Gumuk Pasir Parangkusumo ini merupakan objek wisata. Cukup menarik untuk para backpaker atau traveller yang pecinta tempat-tempat unik dengan mempersembahkan bentangan alam serta gunung-gunung di sekelilingnya sangat cocok untuk dijelajahi.

Baca: Sewa Mobil Terbaru di Jogja dengan Harga Murah

Fakta-Fakta Menarik Yang Bisa Ditemukan di Gumuk Pasir Parangkusumo

Ada beberapa fakta unik yang bisa ditemukan tentang objek wisata fenomenal yang satu ini :
Pertama, Gumuk Pasir Parangkusumo disebut juga dengan Gumuk Pasir Barchan. Kenapa Barchan? Pada dasarnya Barchan ini merupakan nama sains untuk tumpukan. Di dalam ilmu sains, Gumuk Pasir memiliki pengertian sebuah proses alam yang membentuk sebuah bentangan karena adanya tiupan angin sehingga membentuk sebuah tumpukan dengan jumlah yang sangat besar. Maka jadilah sebuah padang yang cukup unik. Meskipun padang pasir yang terdapat di kota Yogyakarta ini dikenal dengan nama Gumuk Pasir Parangkusumo, ketika Anda akan memasuki wilayah ini, maka nama petunjuk yang di tuliskan adalah Gumuk Pasir Barchan.

Kedua, Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan area Sandbording satu-satunya di wilayah Asia Tenggara. Dengan ketinggian pasir 5 sampai dengan 15 meter, maka tempat ini sangat cocok untuk dijadikan area sanboarding. Pada aktivitas ini peralatan yang digunakan hampir sama saja dengan peralatan untuk skateboard, bedanya adalah pada papan sanboarding ini tidak menggunakan roda dan penampang, tetapi di buat lebih halus dengan dilapisi wax atau lilin sehingga papan ini dapat berseluncur dengan mulus.

Meskipun ada beberapa negara lainnya yaitu Vietnam dan Filipina yang juga memiliki area pasir seperti di kota Yogyakarta ini, namun hanya di Gumuk Pasir Parangkusumo lah yang menjadi arena satu-satunya untuk aktivitas sandboarding. Dengan hanya membayar Rp. 70.000 hingga Rp. 150.000 saja Anda sudah dapat menikmati fasilitas untuk batas waktu yang tidak ditentukan. Bahkan beberapa waktu ini, objek wisata ini sudah cukup terkenal bagi para pengunjung yang berasal dari luar Indonesia. Alias turis-turis asing yang pecinta sanboarding.

Baca: Rental Mobil Mewah Toyota Innova Venturer di Yogyakarta

Ketiga, Gumuk Pasir Parangkusumo adalah suatu bentuk fenomena alam yang cukup langka. Bahkan karena kelangkaannya ini, objek wisata istimewa ini akan dimasukkan dalam daftarUnesco World Heritage. Menurut situs Parangtritis Geomaritime Science Park sendiri, jenis pasir yang terdapat di Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan jenis pasir pesisir atau disebut juga dengan Coastal Dunes. Jenis pasir ini terdapat juga diseluruh garis lintang bumi, yang di mulai dari kutub sampai pada khatulistiwa bumi.

Di Filipina sendiri gumuk pasir dengan tipe yang sama, yaitu barchan disebut dengan La Paz Sand Dunes sedangkan di Vietnam disebut Mui Ne Sand Dunes. Meskipun di sepanjang Selatan Jawa juga ada jenis pasir yang sama, akan tetapi hanya kota Yogyakarta ini lah yang memiliki Coastal Dunes terpanjang dan terluas seasia tenggara. Ada hal lain lagi yang membuat padang pasir di Yogyakarta menjadi lebih istimewa daripada negara Filipina dan Vietnam. Yaitu Ada perbedaan pada tipe Gumuk Pasirnya.

Baca Artikel ini: Inilah 5 Tempat Wisata di Sekitar Airport Yogyakarta Paling Diminati

Pada dasarnya Gumuk Pasir di bagi ke dalam tipe-tipe yaitu tipe pada iklim basah dikenal dengan Gumuk Membusut atau bahasa kerennya adalah Hummock Dunes dan Gumuk Parabolik atau Parabolic Dunes. Sedangkan pada iklim kering ataupun setengah kering disebut Gumuk Pasir Barchan. Faktanya yang terjadi di Yogyakarta adalah tipe Gumuk Pasirnya adalah Barchan akan tetapi iklim di area tersebut merupakan tropika basah. Inilah yang menjadikan padang pasir di Yogyakarta lebih istimewa dari padang pasir lainnya. Nah itu dia sekilas informasi yang perlu Anda ketahui tentang Gumuk Pasir Parangkusumo.

Bagaimana cara untuk menuju ke Gumuk Pasir Parangkusumo ?

Sebagai salah satu tempat wisata favorit di Yogyakarta pada saat ini. Tempat wisata di Gumuk Pasir Parangkusumo selalu banyak dikunjungi wisatawan yang sedang berlibur di Yogyakarta. Untuk menuju ke tempat wisata di Gumuk Pasir Parangkusumo sangatlah mudah. Karena akses jalan yang langsung dan jalan yang lebar mulus dapat dilintasi menuju ke Tempat wisata di Gumuk Pasir Parangkusumo ini. Lokasi gumuk pasir parangkusumo terlesak disebelah selatan kota Jogja atau sekitar 30KM dan dapat ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan dengan mengendarai mobil pribadi.

Anda dapat menggunakan angkutan umum dari terminal Giwangan Yogyakarta dengan jurusan Jogja – Parangtritis dengan haya membayar Rp.10.000 per orang. Atau anda dapat memesan dengan taxi dengan tarif yang lebih mahal. Kami sarankan anda dapat menggunakan Sewa mobil dengan sopir di Yogayakarta untuk menuju ke Tempat wisata di Gumuk Pasir Parangkusumo ini. Dengan cara ini anda akan merasa bebas bermain skateboard di Gumuk Pasir dan nyaman untuk menikmati keindahan pantai Parangkusumo.

Fasilitas yang dapat anda temukan di Parangkusumo

Sebagai salah tempat tujuan wisata yang laris dikunjungi wisatawan. Di Pantai Parangkusumo juga terdapat fasilitas yang mendukung dan yang banyak dibutuhkan oleh wisatawan. Diantaranya terdapat juga hotel berbintang dan guest house yang sesuai dengan budget anda. Juga terdapat terminal bus menuju ke kota Jogja dan supermarket.
Untuk pecinta kuliner, disini juga terdapat tempat kuliner masakan laut di pantai depok. Tempat ini hanya berjarak sekitar 1 KM dari pantai Parangkusumo. Disini anda dapat berbelanja ikan segar hasil tangkapan nelayan sekitar di Pasar dengan harga murah. Kemudian anda dapat menikmati dengan memasak di warung yang telah disediakan. Anda cukup membayar jasa masak untuk menikmati hidangan laut tersebut .

Baca juga:17 Tempat Wisata di Yogyakarta Terpopuler pada saat ini

Tarif Harga Rental Mobil ke Gumuk Pasir Parangkusumo?

Berikut ini daftar harga rental mobil di Yogayakarta ke Gumuk pasir Parangkusumo. Harga tergantung dari jenis mobil yang inin and pilih dan harga sudah termasuk jasa sewa mobil, sopir dan bahan bakar minyak.

Jenis Mobil Durasi 12 Jam Overtimes/Jam Kapasitas Penumpang
1. Toyota New Avanza Rp.600.000 Rp.60.000/jam 5 Penumpang
2. Kijang Innova Rp.700.000 Rp.70.000/jam 5 Penumpang
3. All New Camry Rp.2.500.000 Rp.250.000/jam 3 Penumpang
4. New Fortuner Rp.2.500.000 Rp.250.000/jam 5 Penumpang
5. Toyota All New Alphard Rp.3.500.000 Rp.350.000/Jam 5 Penumpang
6. Isuzu Elf Rp.1.000.000 Rp.100.000/jam 12 Penumpang
7. Toyota Hiace Commuter Rp.1.500.000 Rp.150.000/Jam 15 Penumpang
8. Bus Pariwisata 27 Seats Rp.2.500.000 Rp.250.000/Jam 27 Penumpang

No Travellers Word

Leave a Review

Write a Review about Gumuk Pasir Parangkusumo

Our Recommendations