Tempat wisata di Gunungkidul

10 Tempat Wisata di Gunungkidul yang Wajib Di Kunjungi

10 Tempat Wisata di Gunungkidul yang Wajib Di Kunjungi

Tempat wisata di Gunungkidul banyak menyimpan potensi wisata alam di Yogyakarta. Kalau kita mendengar kata “Yogyakarta” pasti anda langsung teringat dengan beberapa tempat wisata andalan seperti Keraton, Parangtritis, atau Malioboro bukan? Meskipun wilayahnya tidak terlalu luas tapi kota yang satu ini memiliki tempat wisata menarik lain yang wajib dikunjungi. Tempat Wisata Gunungkidul adalah kawasan yang menyuguhkan pemandangan alam super lengkap mulai dari area pegunungan, sungai, air terjun, goa, bahkan pantai dan laut. Wilayah ini sendiri merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebagian besar daerahnya didominasi oleh pegunungan batuan kapur, namun pada saat ini daerah ini telah berubah menjadi daerah yang sangat subur. Jadi jangan heran kalau sekarang di daerah Kabupaten Gunungkidul memiliki pemandangan alam yang hijau, segar, dan sangat mempesona.

Hal yang Menarik Wisata di Gunungkidul

Anda mungkin sedikit bosan dengan suasana pusat perkotaan maka anda pun bisa mengeksplorasi dan menjelajahi sisi lain dari tempat wisata di Yogyakarta yaitu berkunjung ke tempat wisata di Gunungkidul. Pada awalnya daerah ini sangat jarang sekali dikunjungi wisatawan karena agak jauh dari pusat kota dan letak tempat wisatanya yang terpencil. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak orang yang menyadari akan potensi di wilayah ini.
Ditambah lagi dukungan pemerintah daerah yang juga ikut mempromosikan mengenai kegiatan dan berbagai tempat wisata di Gunungkidul. Hampir tiap tahun wisatawan yang datang berkunjung semakin bertambah. Contohnya saja pada tahun 2014 kemarin dimana jumlah pengunjung hampir mencapai 1,9 juta orang. Hal ini dikarenakan tempat-tempat wisata Gunungkidul yang beraneka ragam jenis dan tipenya sehingga mampu menarik minat wisatawan domestik maupun turis mancanegara.
Bacalah yang satu ini : 5 Alasan Kenapa Yogyakarta sebagai Tujuan Wisata Favorit

10 Tempat Wisata di Gunungkidul

Ada 10 tempat wisata di Gunungkidul yang populer untuk pada saat ini. Setiap objek tempat wisata memiliki daya tarik yang berbeda yang membuat libuaran anda lebih berwarna. Jika Anda ingin mencoba berlibur ke daerah Gunungkidul namun masih bingung, berikut ini ada beberapa rekomendasi tempat wisata menarik dan seru yang wajib anda baca, sebelum anda merencanakan perjalanan liburan anda.

1. Pantai Indrayanti

Salah satu tempat wisata di Gunungkidul yang paling populer yaitu pantai Indrayanti. Kalau pantai yang satu ini pasti sudah dikenal oleh banyak masyarakat karena memang sering sekali dikunjungi wisatawan. Selain pemandangan pantai yang keren dengan pasir putih nan bersih yang sangat memukau, akses menuju kemari sangatlah mudah. Anda tak perlu harus melewati jalanan terjal, berliku-liku, becek, dan ditumbuhi semak belukar lebat. Area wisata yang terletak di Desa Sidoharjo ini memiliki fasilitas yang lengkap seperti rumah makan dan restaurant. Dan sangat cocok sekali untuk digunakan segala aktvitas seperti voli pantai, piknik, bermain pasir, berenang, dan sebagainya.

2. Pantai Siung

Kalau Indrayanti terlalu ramai dan kondisi ombak pantainya terlalu besar, Anda bisa mengunjungi salah satu terbaik tempat wisata di Gunungkidul yaitu Pantai Siung yang terletak di desa Purwodadi, tepatnya di Kecamatan Tepus. Wilayah ini masih sangat sepi dan jarang dikunjungi wisatawan. Padahal Pantai Siung memiliki pemandangan yang juga sangat mengagumkan. Air lautnya lebih tenang, di sekitar pantai terdapat beberapa tebing dan batu karang yang besar. Pasir lautnya saja berwarna putih bersih sehingga Anda akan merasa puas sekali ketika bermain-main di objek wisata ini.

3. Pantai Muncar

Kawasan tempat wisata di Gunungkidul ini juga tergolong sepi pengunjung karena akses menuju kesana cukup sulit. Namun menyimpan keindahan yang berbeda diantaranya pantainya memiliki pasir putih bersih dan halus serta dikelilingi bukit dan tebing curam berbatu. Keindahan Pantai Muncar juga semakin bertambah dengan adanya pepohonan dan hutan kecil yang ada di sekitarnya sehingga menambah kesan alami. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan suasana berlibur tenang dan jauh dari keramaian.

4. Pantai Nglambor

Kalau tempat wisata Gunungkidul yang satu ini sangat menarik sekali dan sering disebut sebagai akuarium alami raksasa. Pantainya sangat unik karena dikelilingi oleh dua gunung karang berbentuk kura-kura yang menahan derasnya gulungan ombak laut menuju bibir pantai. Hasilnya, pantai Nglambor terlihat seperti danau di pinggir lautan dengan air yang sangat tenang. Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas seperti snorkeling, berenang, melihat ikan dan karang, main pasir dan sebagainya. Ditambah lagi air di pantai tersebut sangat jernih sehingga memudahkan Anda untuk melihat beberapa ikan cantik air laut yang berenang-renang dengan bebas.
Ini perlu anda baca juga : 17 Tempat Wisata di Yogyakarta Terpopuler 

5. Pantai Wedi Ombo

Tempat wisata di Gunungkidul memang surganya wisata pantai dan laut. Ada berbagai macam jenis dan tipe pesisir yang unik, salah satunya seperti Pantai Wedi Ombo. Letaknya sendiri berada di Kelurahan Jepitu, Kecamatan Girisubo dan agak jauh dari lokasi wisata pantai lain yang ada di Gunungkidul. Tempat ini ssangat disukai para wisatawan terutama untuk menikmati indahnya sunset dan sunrise. Ada hal lain yang unik di pantai ini yaitu sebuah kolam alami dengan bebatuan besar di dasarnya. Dengan kedalaman hanya sekitar 1,5 meter maka Anda bisa berenang dan berendam sambil menimati sunrise atau sunset dengan aman dan menyenangkan.

6. Air Terjun Sri Gethuk

Tempat wisata di Gunungkidul yang lain yaitu wilayah dataran tinggi atau gunung. Gunungkidul juga menyimpan keindahan lain di tengah hutan yang tersembunyi di balik rindangnya pepohonan yaitu wisata Air Terjun Sri Gethuk. Keindahan tempat ini sudah sangat melegenda terutama bagi masyarakat Jogja dan sekitarnya. Lokasinya berada di desa Bleberan, Playen, Kabupaten Gunungkidul dengan akses jalan yang cukup sulit karena letaknya berada di kawasan pegunungan. Namun, anda tidak akan menyesal ketika sampai di sini karena segarnya udara dan air khas pegunungan mampu membuat pikiran jadi lebih segar.

7. Gunung Nglanggeran

Area tempat wisata di Gunungkidul ini memiliki bentuk yang unik yaitu seperti bongkahan batu purba raksasa yang ditumbuhi pepohonan dan semak hijau lebat. Lokasinya terletak di Desa Ngalanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul. Di sini juga ternyata terdapat beberapa penginapan tradisional dimana Anda bisa menikmati suasana alami pegunungan yang tenang dan segar. Dari atas Gunung Nglanggeran anda dapat melihat keindahan kota Jogja dari jauh dan Gunung Merapi serta alam pegunungan seribu yang nampak hijau terbentang luas.

8. Goa Jomblang

Tempat wisata di Gunungkidul yang satu ini memang yang paling terbaik di Yogyakarta. Yaitu Goa Jomblang ini berada di tengah hutan, mirip seperti lubang yang masuk ke perut bumi yang dalam. Goa ini muncul akibat proses giologi ribuan tahun yang lalu dan terbentuk goa dalam bentuk sumur, dimana di dalam goa ini mempunyai kedalaman sekitar 80 meter, sungguh luar biasa. Disamping itu di dalam Goa Jomblang terdapat aliran air sungai yang cukup deras di dalam perut bumi ini.
Kita akan mendapatkan pengalaman menegangkan sewajtu turun di dalam goa, mengelilingi di dalam gua sungguh menakjubkan atas proses keajaiban alam ini. Waktu terbaik datang ke Goa Jomblang adalah pukul 10 pagi atau anda bisa berangkat dari hotel anda menginap di Jogja sekitar pukur 7 pagi.
Referensi baca berikutnya : Berwisata dengan Sewa Mobil Hiace di Yogyakarta

9. Goa Pindul

Salah satu tempat wisata di Gunungkidul yang paling digandrungi wisatawan pada saat ini adalah Goa Pindul. Tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan Goa Pindul dengan menyusurui sungai yang berada di dalam Goa Pindul ini dengan menggunakan ban mobil. Goa Pindul ini yang masih sangat alami dimana masih terdapat stalagmit dan stalaktit yang masih aktif dengan berbagai bentuk yang indah untuk dinikmati selama berada di dalam Goa Pindul.

10. Pantai Timang

Salah satu Tempat wisata di Gunungkidul terpopuler pada saat ini yang ke sepuluh adalah naik kereta gantung di atas laut di Pantai Timang. Di pantai Timang, tempat wisata di Gunungkidul ini yang paling saya sukai dan lebih menantang pada saat melewati dari atas laut dengan menggunakan kereta gantung yang ditarik dengan tali tambang. Jarak dari kota Jogja ke pantai Timang sekitar 75km yang ditempuh sekitar 2,5 jam perjalanan dengan menggunakan rental mobil di Jogja.
Jantung ini terasa berdesir kencang dan kaki terasa gemetar pada saat melewati dari atas laut menuju pulau kecil diseberang pantai Timang, dari bawah nampak ombak besar dan batu karang yang tajam. Sensani tersendiri dan suatu pengalaman wisata yang paling seru yang kami alami selama berlibur di Yogyakarta.
Bacalah juga : Tour ke Tempat Wisata di Jogja dengan Sewa Mobil

Bagaimana Akses ke Tempat Wisata di Gunungkidul

Untuk menuju ke tempat wisata di Gunungkidul sangatlah mudah diakses. Pemda Gunungkidul saat ini sangat peduli dengan perkembangan pariwisata dengan membuat akses jalan yang mulus dan fasilitas yang terdapat di setiap tempat wisata. Hal ini untuk tujuan memberi kenyamanan perjalanan para wisatawan yang berkunjung di daerah Gunungkidul.
Namun fasilitas jalan yang bagus tersebut, tidak diimbangi akses transportasi umum di daerah Gunungkidul. Ada beberapa transportasi umum yang hanya terbatas untuk route tertentu dan tidak menuju ke tempat wisata di Gunungkidul. Oleh sebab itu anda kami sarankan kepada anda sebelum anda merencanakan liburan ke 10 tempat wisata di Gunungkidul sebaiknya anda memesan rental mobil di Yogyakarta terlebih dahulu. Ini sangat penting anda menggunakan jasa rental mobil dengan supir di Yogyakarta. Supir juga dapat memandu anda ke semua tempat wisata yang ingin anda kunjungi.
Perlu untuk disimak : 5 Keuntungan Rental Mobil dengan Supir di Yogyakarta

Berapa Harga Rental Mobil di Yogyakarta ke Gunungkidul

Anda diharuskan ke tempat wisata di Gunungkidul dengan rental mobil di Yogyakarta. Kami sarankan lebih baik rental mobil di yogyakarta dengan supir yang berpengalaman dari perusahan jasa sewa mobil di Jogja yang terpercaya.
Berikut daftar harga rental mobil di Yogyakarta ke Gunungkidul. Harga tersebut tergantung dari jenis mobil yang ingin anda pilih.

Jenis Mobil Harga Rental Mobil/Hari Overtimes/Jam Kapasitas Penumpang
1. Toyota New Avanza Rp.600.000 Rp.60.000/jam 5 Penumpang
2. Toyota New Innova Rp.700.000 Rp.70.000/jam 5 Penumpang
3. Toyota New Fortuner Rp.2.500.000 Rp.250.000/jam 5 Penumpang
4. Toyota All New Alphard Rp.3.500.000 Rp.350.000/Jam 5 Penumpang
5. Isuzu Elf Rp.1.000.000 Rp.100.000/jam 12 Penumpang
6. Toyota Hiace Commuter Rp.1.500.000 Rp.150.000/Jam 15 Penumpang
7. Bus Pariwisata 27 Seats Rp.2.500.000 Rp.250.000/Jam 27 Penumpang

Harga Tidak Termasuk: Tiket Wisata, Tour Guide, Parkir, Retribusi dan Tip Driver.
Demikian 10 tempat wisata di Gunungkidul di atas yang anda dapt jadikan referensi ketika ingin berlibur ke Yogyakarta. Memang daerah ini masih bersifat alami sehingga sebagian besar tempat wisatanya agak sulit dijangkau, terpencil, dan masih sepi pengunjung. Namun, hal ini malah menjadikannya lebih menarik karena lingkungannya yang masih terjaga, bersih, dan lebih privasi. Walaupun jalan dan akses menuju ke beberapa objek tersebut tidak mudah dan perlu dibutuhkan supir yang berpengalaman di lokasi tempat wisata tersebut, tapi sebanding dengan kepuasan yang nantinya akan anda dapatkan.

About the Author

By solorent / Administrator, bbp_keymaster

Follow solorent
on May 12, 2017